Judul: Desain Pemodelan Grafik
Nama: Bogie Akbar
Kelas: 3IA21
NPM: 52414214
Mata Kuliah: Desain Pemodelan
Grafik
Nama Dosen: Syefani Rahma Deski
Sejarah Desain Pemodelan Grafik
Pelacakan
perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan
manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud
gambar (pictograf) atau tulisan (ideograf).
Pictograf Bangsa
Mesir
Tulisan
atau aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata aturan
komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu pasti
sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi.
Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan
berburu binatang. Contohnya : seperti
yang ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.
Gambar
sekumpulan hewan didinding gua Lascaux, France
Pada
tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan teknologi mesin cetak yang
bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai disain yang digunakan di
Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur.
Johannes
Guttenberg
Tahun
1450 Guterberg bekerjasama dengan pedagang dan pemodal Johannes Fust, dibantu
oleh Peter Schoffer ia mencetak “Latin Bible” atau disebut “Guterberg Bible”,
“Mararin Bible” atau “42 line Bible” yang diselesaikanya pada tahun 1456. Temuan
Gutenberg tersebut telah mendukung perkembangan seni ilustrasi di Jerman
terutama untuk hiasan buku. Pada masa itu juga berkembang corak huruf
(tipografi).
Guterberg Bible
/ Latin Bible
Aloys
Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Litografi. Berbeda dengan mesin
cetak Guterberg yang memanfaatkan teknik cetak tinggi, teknik cetak lithografi
menggunakan teknik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara
air dengan minyak. Nama lithografi tersebut dari master cetak yang menggunakan
media batu litho. Teknik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara
lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan
dilakukannya pemisahan warna.
Tokoh-tokoh
seni poster tehnik lithogafi (1836-1893) antara lain Jules Cheret dengan karya
besarnya “Eldorado: Penari Riang” (1898), “La Loie Fuller: Penari Fuller”
(1897), “Quinquina Dubonnet” (1896), “Enu des Sirenes” (1899). Tokoh-tokoh lainya
antara lain Henri de Toulouse Lautrec dan Eugene Grasset.
Desain
grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya tulisan dan mesin
cetak. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama telah membawa peradaban baru
dalam sejarah peradaban Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian,
agama, serta alfabet latin yang dibawa dari Yunani.
Pada
saat ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang secara
signifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hingga
akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan
lain-lain. Koran, majalah, tabloid, website yang sehari-hari kita lihat adalah
produk desain grafis.
Pengertian
Desain Pemodelan Grafik
· Desain
merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau
struktur.
· Pemodelan
adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek,
sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi.
Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra
(gambar, komputerisasi, grafis dll).
· Grafik
identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan
cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan.
Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi
model dan citra.
·
Desain Pemodelaan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu
obyek baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan-tahapan yaitu
membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya
berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering,
animasi, graphic library/package, application program, dan citra.
Prinsip
dan Unsur Desain Grafik
A.
Prinsip dari
sebuah desain grafik memiliki :
1. Kesederhanaan karena disarankan untuk menggunakan prinsip ini sangat dalam
pekerjaan deasin
2. Keseimbangan
menggabungkan elemen yang digunakan dalam desain dengan bobot yang sama
rata
3. Kesatuan sama seperti kesimbangan yaitu menggabungkan semua
elemen dalam desain agar menjadi satu
4. Penekanan
(aksentuasi) untuk menarik
perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang
dimaksud.
5. Irama (repetisi) selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang,
serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.
B.
Unsur dari
sebuah Desain Grafis memiliki :
1. Garis (Line) desain yang menghubungkan antara satu titik poin
dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk
2. Bentuk (Shape) adalah bentuk yang memiliki panjang , lebar,
diameter. yaitu berupa bangun datar atau pun bangun ruang.
3. Tekstur
(Texture) adalah sebuah
permukaan dari desain yang dinilai dengan cara di raba ataupun di lihat
4. Ukuran (Size) merupakan unsur yang menilai bahwa desain itu besar
ataupun kecil
5. Warna (Color) unsur penting dalam sebuah desain,dikarenakan warna
ini menampilkan identitas dari sebuah hasil maha karya
Jenis-jenis Desain Grafik
1.
Drafter
Desainer khusus untuk
membuat arsitektur dan rancang bangun yang simetris dan digunakan untuk
keperluan pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi dan rancangan.
Membutuhkan orang orang yang ahli di software (Autocad, Archicad, 3d revit
architecture). Sangat dibutuhkan di dunia arsitektur dan industri.
2.
Editor
Desainer khusus untuk
membuat kover, sampul, banner, dsb. Dan juga membuat karya karya desain grafis
misalnya: brosur, kartu nama, pin, logo, poster, dsb. Yang memerlukan sentuhan
pandangan dan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw,Adobe
Photoshop,Freehand,Illustrator. Sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan
publikasi.
3.
Layouter
Desianer khusus untuk
membuat tatanan layout sebuah majalah atau koran atau publikasi yang lainya dan
diharuskan mempunyai feel untuk tata letak agar enak dilihat. Sedangkan
aplikasi yang harus dikuasai adalah Adobe Page Maker, MS.Publisher, Adobe In
Design. Sangat dibutuhkan dipercetakan dan industri koran/buku/majalah.
4.
Art Director
Desainer khusus unuk
membuat karya karya seni dari komputer yang bisa digunakan untuk visual effects
ataupun hanya untuk hiasan saja. Membutuhkan kreativitas tinggi untuk membuat
karya agung yang akan dibuat. Sedangkan software yang harus dikuasai adalah :
Corel draw, Photoshop, Photo paint, Art creator. Sangat dibutuhkan di dunia
perfilman, seniman visualisator, foto editing effects.
5.
Fotografer
Desianer khusus yang
selain melakukan pengeditan foto juga merangkap sebagai fotografer, harus
memiliki talenta khas fotografer serta mampu mengedit foto sesuai event atau
yang perfect. Membutuhkan intelegensi tinggi kreativitas tinggi dan harus menguasai
adobe photoshop,ieworks,photo studio. Sangat dibutuhkan didunia fotografi, foto
editor, wartawan, dsb.
6.
Animator
Desainer khusus bekerja
pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Harus memiliki daya tahan
tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi , pengalaman dan harus menguasai
Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel
Rave. Dibutuhkan di dunia advertising, perfilman, pertelevisian.
7.
Visualisator
Desainer khusus untuk
memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus
memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max,
Autocad, Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk
dan presentasi produk.
8.
Video Editor
Desainer khusus untuk
mengedit video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus
memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe After Effects, 3d Maya,
Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Sony Vegas, Pinneacle. Sangat dibutuhkan di
dunia perfilman dan industri musik.
9.
Integrated Desainer
Desainer khusus yang
membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya pembuatan game, cd interaktif,
web desain, dsb. Sedangakan anda harus menguasai hampir semua elemen desain.
Sangat dibutuhkan di industri informatika.
Referensi:
Komentar
Posting Komentar