PENDAHULUAN
Web merupakan
sebuah tempat yang menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh semua
orang. Web dibikin mempunyai fungsi dan tujuan masing masing yang sudah
dipikirkan oleh sipembuat web. Untuk jaman sekarang banyak web yang dapat kita
kunjungi di internet dengan tampilan atau navigasi user yang cukup menarik.
Perilaku navigasi adalah hal penting didalam sebuah web karena dapat membantu
pengunjung web berinsteraksi dengan web tersebut.
Didalam web juga
terdapat sebuah navigasi pencarian yang dimana sangat berguna juga untuk
pengunjung web agar dengan cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Jadi
didalam web ada 2 komposisi utama saat akan membuat web yaitu perilaku navigas
dan navigasi pencarian. Untuk jaman sekarang orang lebih memilih mencari
informasi disuatu web internet dibandingkan dengan membaca koran. Dengan banyak
orang yang mengunjungi sebuah web otomatis web yang sering dikunjungi tersebut
akan menjadi rekomended untuk setiap orang. Dengan adanya web dapat menimbulkan
beberapa dampak positif dan negative untuk penggunanya namun semua efek itu
kembali ke si pengunjungnya.
MATERI
1.
Web dan Perilaku Pengguna / Interaksi Manusia
A.
Definis Interaksi manusia dan komputer
Interaksi manusia dan komputer (bahasa
Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan
implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan
elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian
proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi
dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui
sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan
B.
Perilaku Navigasi
Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah
perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang
berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan
halaman-halaman lain dalam website kita. Perilaku navigasi pada suatu situs
atau web bisa disebut juga dengan tata letak dari navigasi-navigasi di dalam situs tersebut. Pada suatu situs
atau website, penggunaan navigasi yang baik sangatlah penting. Para pembuat website harus bisa membuat suatu
navigasi yang menarik agar pengunjung situs tersebut tidak bosan melihatnya.
Ada dua tipe navigasi :
1. Standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan
situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping
atau footer.
2.
Advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk
menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih
intuitif.
C.
Perilaku Pencarian
Perilaku pencarian(search) merupakan bagian
yang terdapat di dalam suatu web, dengan pencarian internal dengan tetap
mengkategorikan batasan-batasan pencarian yang pengunjung cari sehingga pengunjung dapat mendapatkan berbagai
informasi yang mereka inginkan pada halaman web tersebut dengan sangat mudah.
D.
Rekomendasi Web
Rekomendasi web merupakan layanan web yang menyarankan
user/pengunjung pengguna Internet pada halaman web yang biasanya digunakan
untuk mengunjungi suatu situs web yang user cari. Misalnya user mencari
informasi pada mesin pencarian(search engine) untuk mendapatkan informasi yang
user cari. Contoh lain biasanya terdapat pada halaman/situs web yang didalamnya
terdapat file download dan biasanya terdapat saran berupa miror halaman web
lain tapi sama-sama dapat mendownload file terpilih tersebut.
2.
Web dan Perilaku Sosial
A.
Web Merefleksikan Perilaku Sosial
Web pun dapat
merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur
banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa
web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap
sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakaksea situs belanja
online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang
lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada.
B.
Web Mempengaruhi Perilaku Sosial
Web sebagai salah
satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi
salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada 2 dampak
yang ditimmbulkan yaitu :
1.
Dampak Positif :
· Lebih cepat dan lebih mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
dalam hal ini berarti dapat membantu pekerjaan manusia
·
Lebih mudah dalam mencari informasi serta berbelanja
online pun dapat dilakukan.
2.
Dampak Negatif::
·
Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
·
Adanya plagiatisme
·
Munculnya pencurian/hack
·
Munculnya banyak konten-konten dewasa yang seharusnya
tidak dilihat oleh anak kecil yang dapat merusak mental dan moral
·
Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh
komputer itu sendiri.
Review Jurnal
Judul
Jurnal: Persepsi User Terhadap Website E-Commerce
Penulis:
Rizky Demmy Pratama, Imam Suyadi, Heru Susilo
Didalam jurnal ini membahas tentang persepsi pengunjung
sebuah website E-Commerce dengan cara mengadakan penelitian sederhana terhadap
beberapa orang. Jurnal tersebut terdiri dari beberapa sub bab yaitu diantaranya
ada Abstrak, Pendahuluan, Pengertian
tentang desain website E-Commerce, Metode yang digunakan pada penelitan tersebut,
Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, dan Daftar Pustaka.
Pada bab Pengertian Desain Website E-Commerce, membahas
tentang arti dari desain website E-commerce yaitu Desain adalah proses menciptakan
sebuah artefak dengan struktur bentuk yang direncanakan, artistik, koheren,
bertujuan, dan berguna''. Dari perspektif konsumen, sebuah website harus dirancang
dengan semua fitur untuk membangkitkan afektif
dari pengguna dan untuk meningkatkan kunjungan online mereka atau niat beli
konsumen. ( Carlos et al,. 2009;170).
Menurut
Carlos, Raquel dan Orus (2009:180) kesuksesan suatu desain website eCommerce dipengaruhi
oleh 4 dimensi yaitu Appearance, Navigation, Content dan Shopping Process.
Pada
bab Metode ini membahas tentang Penelitian
ini menggunakan empat variabel penelitian yaitu Appereance, Navigation, Content
dan Shopping proccess. Dalam penelitian ilmiah tersebut terdapat beberapa
teknik pengumpulan data beserta masing-masing perangkat pengumpul data. Dalam
penelitian ini teknik pengumpulan data primer yang dipergunakan adalah:
Kuesioner dan Dokumentasi.
Pada bab Hasil dan Pembahasan, isinya bahwa
e-commerce JKM store ini memiliki tampilan yang sangat menarik, loading halaman
sangat cepat, Penempatan ikon pada website JKM store tepat di nilai responden
benar serta perpaduan desain grafis website yang sangat menarik memanjakan dan memuaskan
pengunjung website JKM store. Hasil analisis mengenai navigation/ navigasi website
JKM store, diketahui bahwa karakteristik navigasi cukup mudah untuk digunakan.
Responden memberikan tanggapan mengenai variabel content/ konten JKM store, dapat
diketahui bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa isi konten jelas. Adapun
tanggapan responden mengenai variabel shopping process / proses belanja dapat diketahui
bahwa proses belanja pada website JKM store cukup efisien. Semua hasil tersebut
didapat dari kuesioner yang diadakan.
Pada bab Kesimpulan dan Saran si penulis
jurnal tersebut membuat kesimpulan keseluruhan mengenai penilitian terhadap
website E-Commerce Jkm Store dan tidak lupa memberikan saran untuk website JKM
store agar lebih bagus lagi karena website tersebut sudah bisa dibilangan bagus
untuk para konsumen.
Kesimpulan
Web sangat dibutuhkan untuk jaman sekarang
karena memudahkan pengguna internet untuk kebutuhan mereka masing masing. Namun
web yang dapat menarik bagi pengguna internet bukan web yang dibuat secara asal
asalan melaikan dengan memperhatikan isi konten dari website yang akan dibuat. Dengan
menambahkan fitur perilaku navigasi dan perilaku pencarian dapat membuat web
yang kita buat menjadi recommended untuk semua orang karena dipastikan
memudahkan untuk pengunjung web.
Didunia ini tidak mungkin tidak ada dampak
untuk kita apabila kita melakukan atau membuat sesuatu, sama halnya dengan
membuat web akan menimbulkan beberapa dampak bagi si pengunjung web entar
dampak negative ataupun positif dan kita dapat mengetahui sifat si pengunjung
web dengan melihat web apa saja yang sering dia kunjungi
DAFTAR PUSTAKA
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/
https://aswendy.wordpress.com/2014/06/15/web-dan-perilaku-pengguna-interaksi-manusia-komputer/
https://aswendy.wordpress.com/2014/06/15/web-dan-perilaku-pengguna-interaksi-manusia-komputer/
https://elsietelibertador76.wordpress.com/tag/perilaku-navigasi/
https://wahyudittia.wordpress.com/2013/01/19/tulisan-3-dampak-teknologi-informasi-dan-komunikasi-terhadap-perilaku-sosial-masyarakat/
Link Jurnal :
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/397
https://wahyudittia.wordpress.com/2013/01/19/tulisan-3-dampak-teknologi-informasi-dan-komunikasi-terhadap-perilaku-sosial-masyarakat/
Link Jurnal :
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/397
Komentar
Posting Komentar