Web dan Perilaku Pengguna / Interaksi Manusia

PENDAHULUAN
Web merupakan sebuah tempat yang menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh semua orang. Web dibikin mempunyai fungsi dan tujuan masing masing yang sudah dipikirkan oleh sipembuat web. Untuk jaman sekarang banyak web yang dapat kita kunjungi di internet dengan tampilan atau navigasi user yang cukup menarik. Perilaku navigasi adalah hal penting didalam sebuah web karena dapat membantu pengunjung web berinsteraksi dengan web tersebut.  
Didalam web juga terdapat sebuah navigasi pencarian yang dimana sangat berguna juga untuk pengunjung web agar dengan cepat mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Jadi didalam web ada 2 komposisi utama saat akan membuat web yaitu perilaku navigas dan navigasi pencarian. Untuk jaman sekarang orang lebih memilih mencari informasi disuatu web internet dibandingkan dengan membaca koran. Dengan banyak orang yang mengunjungi sebuah web otomatis web yang sering dikunjungi tersebut akan menjadi rekomended untuk setiap orang. Dengan adanya web dapat menimbulkan beberapa dampak positif dan negative untuk penggunanya namun semua efek itu kembali ke si pengunjungnya.


MATERI
1.     Web dan Perilaku Pengguna / Interaksi Manusia
A.   Definis Interaksi manusia dan komputer
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan

B.   Perilaku Navigasi
Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website kita. Perilaku navigasi pada suatu situs atau web bisa disebut juga dengan tata letak dari navigasi-navigasi  di dalam situs tersebut. Pada suatu situs atau website, penggunaan navigasi yang baik sangatlah penting.  Para pembuat website harus bisa membuat suatu navigasi yang menarik agar pengunjung situs tersebut tidak bosan melihatnya.
Ada dua tipe navigasi :
1. Standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer.
2.      Advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.

C.   Perilaku Pencarian
Perilaku pencarian(search) merupakan bagian yang terdapat di dalam suatu web, dengan pencarian internal dengan tetap mengkategorikan batasan-batasan pencarian yang pengunjung cari sehingga  pengunjung dapat mendapatkan berbagai informasi yang mereka inginkan pada halaman web tersebut dengan sangat mudah.

D.   Rekomendasi Web
Rekomendasi web merupakan layanan web yang menyarankan user/pengunjung pengguna Internet pada halaman web yang biasanya digunakan untuk mengunjungi suatu situs web yang user cari. Misalnya user mencari informasi pada mesin pencarian(search engine) untuk mendapatkan informasi yang user cari. Contoh lain biasanya terdapat pada halaman/situs web yang didalamnya terdapat file download dan biasanya terdapat saran berupa miror halaman web lain tapi sama-sama dapat mendownload file terpilih tersebut.

2.     Web dan Perilaku Sosial
     A.   Web Merefleksikan Perilaku Sosial
Web pun dapat merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakaksea situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada.

     B.   Web Mempengaruhi Perilaku Sosial
Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada 2 dampak yang ditimmbulkan yaitu :
1.      Dampak Positif :
·        Lebih cepat dan lebih mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti dapat membantu pekerjaan manusia
·         Lebih mudah dalam mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan.

2.      Dampak Negatif::
·         Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
·         Adanya plagiatisme
·         Munculnya pencurian/hack
·         Munculnya banyak konten-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat oleh anak kecil yang dapat merusak mental dan moral
·         Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri.


Review Jurnal
Judul Jurnal: Persepsi User Terhadap Website E-Commerce
Penulis: Rizky Demmy Pratama, Imam Suyadi, Heru Susilo

Didalam jurnal ini membahas tentang persepsi pengunjung sebuah website E-Commerce dengan cara mengadakan penelitian sederhana terhadap beberapa orang. Jurnal tersebut terdiri dari beberapa sub bab yaitu diantaranya ada Abstrak, Pendahuluan,  Pengertian tentang desain website E-Commerce, Metode yang digunakan pada penelitan tersebut, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, dan Daftar Pustaka.
Pada bab Pengertian Desain Website E-Commerce, membahas tentang arti dari desain website E-commerce yaitu Desain adalah proses menciptakan sebuah artefak dengan struktur bentuk yang direncanakan, artistik, koheren, bertujuan, dan berguna''. Dari perspektif konsumen, sebuah website harus dirancang dengan semua fitur untuk membangkitkan  afektif dari pengguna dan untuk meningkatkan kunjungan online mereka atau niat beli konsumen. ( Carlos et al,. 2009;170).
Menurut Carlos, Raquel dan Orus (2009:180) kesuksesan suatu desain website eCommerce dipengaruhi oleh 4 dimensi yaitu Appearance, Navigation, Content dan Shopping Process.
Pada bab Metode ini membahas tentang Penelitian ini menggunakan empat variabel penelitian yaitu Appereance, Navigation, Content dan Shopping proccess. Dalam penelitian ilmiah tersebut terdapat beberapa teknik pengumpulan data beserta masing-masing perangkat pengumpul data. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data primer yang dipergunakan adalah: Kuesioner dan Dokumentasi.
Pada bab Hasil dan Pembahasan, isinya bahwa e-commerce JKM store ini memiliki tampilan yang sangat menarik, loading halaman sangat cepat, Penempatan ikon pada website JKM store tepat di nilai responden benar serta perpaduan desain grafis website yang sangat menarik memanjakan dan memuaskan pengunjung website JKM store. Hasil analisis mengenai navigation/ navigasi website JKM store, diketahui bahwa karakteristik navigasi cukup mudah untuk digunakan. Responden memberikan tanggapan mengenai variabel content/ konten JKM store, dapat diketahui bahwa sebagian besar responden menyatakan bahwa isi konten jelas. Adapun tanggapan responden mengenai variabel shopping process / proses belanja dapat diketahui bahwa proses belanja pada website JKM store cukup efisien. Semua hasil tersebut didapat dari kuesioner yang diadakan.
Pada bab Kesimpulan dan Saran si penulis jurnal tersebut membuat kesimpulan keseluruhan mengenai penilitian terhadap website E-Commerce Jkm Store dan tidak lupa memberikan saran untuk website JKM store agar lebih bagus lagi karena website tersebut sudah bisa dibilangan bagus untuk para konsumen.


Kesimpulan
Web sangat dibutuhkan untuk jaman sekarang karena memudahkan pengguna internet untuk kebutuhan mereka masing masing. Namun web yang dapat menarik bagi pengguna internet bukan web yang dibuat secara asal asalan melaikan dengan memperhatikan isi konten dari website yang akan dibuat. Dengan menambahkan fitur perilaku navigasi dan perilaku pencarian dapat membuat web yang kita buat menjadi recommended untuk semua orang karena dipastikan memudahkan untuk pengunjung web.
Didunia ini tidak mungkin tidak ada dampak untuk kita apabila kita melakukan atau membuat sesuatu, sama halnya dengan membuat web akan menimbulkan beberapa dampak bagi si pengunjung web entar dampak negative ataupun positif dan kita dapat mengetahui sifat si pengunjung web dengan melihat web apa saja yang sering dia kunjungi

DAFTAR PUSTAKA

Komentar