Nama: Bogie Akbar
Kelas: 3IA21
NPM: 52414214
Mata Kuliah: Desain Permodelan Grafik
Nama Dosen: Syefani
Rachma Deski
PEMODELAN GRAFIS UNTUK GAME
Game
adalah Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang
menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan
oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan –
misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai
dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.
Animasi
adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun
secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap
pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam
definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.
Virtual
reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat
berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer
(computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau
benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Hubungan
atara ke tiga materi di atas yaitu, jadi game merupakan sebuah permainan yang
mana di dalam nya kita bermain untuk mencapai highscore, dan animasi itu
dibutuhkan dalam membuat game karena game itu sendiri merupakan animasi. dan
untuk virtual reality itu berfungsi untuk pelengkap bagi gamers mengapa
pelengkap? karena bagi gamers main di depan komputer saja masih kurang, jadi di
buat nya virtual reality berfungsi untuk merealisasikan apa yang kita mainkan
dari bentuk virtual(tidak nampak) menjadi nampak seperti aslinya.
PEMBUATAN DESAIN GRAFIS PADA GAME
Dalam
pembuatan desain grafis dalam pembentukan sebuah game kita membutuhkan software
yaitu salah satunya adalah BLENDER, Blender merupakan aplikasi pemodelan
komplit dan komprehensif untuk menciptakan, mengubah dan mengedit model 3D
dengan mudah. Transformasi model menjadi karakter yang menakjubkan menjadi
lebih mudah dari sebelumnya dengan menggunakan Blender.
PEMBUATAN KARAKTER
Pembuatan
karakter seperti gerak tubuh, mimik wajah dll kita dapat membuat nya di salam
software yang sudah di ceritakan di atas, di dalam BLENDER itu sendiri kita
dapat membuat suatu karakter yang seperti kita inginkan, dalam pembentukan geraktubuh
kita hanya perlu proses rigging atau pemberian tulang di setiap sisi tuuh
karakter agar bisa bergerak aktif.
PEMBUATAN MAPS/LINGKUNGAN DALAM GAME
Kali ini kita bahas lebih
spesifik saja, pastinya tau dong, game counter strike? game berbasis strategy
dan war, apabila kita ingin membuat sebuah maps yang seperti kita ingin kan
ikuti cara di bawah ini:
1.
Buka alamat
:http://www.worldcraft-online.com/
2.
Pilih option yang
paling bawah (kalau tidak Level 3 + 3D, pasti Level 4)
3.
Setelah diklik,
maka akan ada membuka window baru. Dan akan muncul tampilan seperti ini
4.
Di tampilan atas,
ada map parameters untuk menentukan bagian-bagian utama dalam map. Save, bisa
berupa notepad (file). Load bisa load map yang sudah disarankan (load random
map) , load file (dari notepad).
5.
Di tampilan bawah,
ada weapon (untuk menaruh senjata), crate (menaruh box), object (menaruh object
khusus), texture (untuk buat tembok) dan mini chat box (bias chattingan)
6.
Buat map nya sendiri
(lihat tutorial di youtube).
7.
Setelah sudah
jadi, klik compiler di panel atas dan klik DOWNLOAD . Setelah itu, pindahkan
file downloadnya ke : Code:/Counter-Strike-1.6/cstrike/maps
PENJELASAN PENGGABUNGAN KARAKTER & ANIMASI MENJADI
3D DAN 4D
Dalam sebuah game
karakter itu merupakan animasi yang telah kita buat sebelum membuat game itu
sendiri. jadi kita bisa jelaskan game 3D dan 4D itu hanyalah berbeda sedikit
dimana 3D itu kita harus menggunakan kacamata 3D pada hasilnya kita akan
merasakan game itu seperti real atau keluar dari monitor. kalau 4D itu memiliki
efek efek yang lebih seperti getaran getaran dan efek-efek nyata yang di hasilkan nantinya.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar