Nama: Bogie Akbar
Kelas: 3IA21
NPM: 52414214
Mata Kuliah: Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen: Syefani Rachma Deski
TUGAS BAB 1
PENDAHULUAN
·
Konsep Pembuatan Game
Dunia perkembangan Game semakin hari semakin
meningkat. Hal itu dapat ditandai dengan meningkatnya taraf resolusi HD yang
disediakan oleh game-game sekarang ini dan membuat game-game tersebut memiliki
tampilan grafik yang lebih menarik dan terlihat seperti real. Untuk memiliki
game beresolusi tinggi tersebut memang membutuhkan laptop dan komputer yang memiliki
spesifikasi untuk mendukung resolusi game tersebut. Akan tetapi dalam dunia
game tidak hanya grafik saja yang dibutuhkan, namun pentingnya Design Skenario,
Script, dan Storyboard game pun sangat dibutuhkan.
A.
Design Skenario
Sebelum masuk pada Design
Skenario alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui apa itu Design ?
Design merupakan proses untuk membuat dan menciptakan objek baru, sistem,
komponen atau struktur. Penggunaan istilah design berawal dari gambar teknik
arsitektur.
Skenario merupakan sebuah
alur yang disusun oleh seseorang untuk merancang suatu peristiwa. Skenario game merupakan
langkah awal yang akan dijalankan dalam membuat sebuah game. Dengan adanya
skenario game dapat mempermudah pembuat game dalam menyelesaikan game tersebut.
Pada skenario game pembuat game dapat membuat tema bayangan, genre, tool,
gameplay, grafis, suara, perancangan waktu, dsb
B.
Script
Script adalah bahasa
pemrograman komputer yang diterjemahkan secara khas dengan tingkat kesulitan
yang lebih rendah, dan tanpa aplikasi kompilasi interpreter. Script diciptakan
untuk mempersingkat proses pengkompilasian hingga dijalankannya program
tersebut. Biasanya script disisipkan kedalam bahasa pemrograman yang lebih
kompleks. Contoh dari bahasa script adalah Ruby, JavaScript, Lua dan PHP.
Konsep pembuatan
scripting pada game untuk langkah awal dapat dilakukan pemilihan bahasa
pemrograman yang akan digunakan. Diantaranya bahasa C, C++, dan Java. Proses
pembuatan game dapat dikatakan memakan waktu yang cukup banyak. Lamanya pembuatan
game tersebut bergantung pada beberapa faktor, seperti genre, skala, dan
platform.
C.
StoryBoard
Storyboard merupakan
visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun sehingga dapat memberikan
gambaran dari aplikasi yang dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan visual
script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, dan ditampilkan shot by
shot yang lebih sering disebut dengan scene. Storyboard akan lebih menjelaskan
tentang bagaimana alur dari permainan itu sendiri. Contoh, pada game arcade
tidak memiliki alur cerita akan tetapi game tersebut menitik beratkan pada
perolehan point-point.
·
Pengertian Game
Dalam kamus bahasa Indonesia “Game”diartikan sebagai
permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari
permainan keduanya saling berhubungan. Permainan adalah kegiatan yang kompleks
yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah permainan adalah
sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemain
berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau
buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi
perilaku pemain dan menentukan permainan.
Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak
disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting untuk
perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan
masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau
masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.
Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita
akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita
lakukan.
·
Jenis jenis Game
A.
Berdasarkan Platform / Alat yang digunakan
1.
Arcade Games
2.
PC Games
3.
Console Games
4.
Handheld Games
5.
Mobile Games
B.
Berdasarkan Genre Permainannya
1.
Aksi – Shooting
2.
Fighting
3.
Aksi – Petualangan
4.
Petualangan
5.
Simulasi
6.
Role Playing
7.
Strategi
8.
Olahraga
9.
Simulasi Kendaraan
10. Puzzle
11. DLL
TEKNOLOGI GAME
·
Bisnis Dalam Game
Untuk jaman sekarang orang yang bermain game rata rata
bermain online, dan hampir setiap game online tersebut membutuhkan item untuk
memperkuat karakter didalam game tersebut, sehingga mereka membutuhkan diamond,
gold, atau sebagainnya sebagai alat tukar untuk membeli item tersebut. Untuk
membeli diamond, cast dll tersebut pasti membutuhkan uang yang tidak sedikit,
sehingga membuat segelintir orang melirik untuk membuka usaha dalam urusan
tersebut. Keuntungan yang didapat dari penjualan diamond, gold dll sangat
menggiurkan dan pasti banyak. Contoh bisnis dalam game tersebut bisa Transaksi
pembelian Steam Wallet atau cash PointBlank Garena.
Tidak hanya itu saja bisnis dalam game tersebut bisa
dilakukan oleh developer game. Karena jika membuat game dan mempublikasikannya
kepublic melalui web, appstore/itunestore pasti akan mendapatkan feedback
berupa uang dari setiap detik orang yang mendownload game tersebut. Tentu untuk
menjadi developer game tidak mudah namun jika sudah bisa kalian bisa menikmati
hasilnya sendiri
·
3D Engine dan Scene Graph
3D Engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat
dan dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas
inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup render (renderer) untuk
2D/3D grafis. Sebuah scene graph merupakan grafik yang mempresentasikan
geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan
sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk
mendefinisikan objek didunia nyata.
·
Ogre 3D
Object Oriented Graphics Rendering Engine atau yang
biasa dikenal dengan sebutan OGRE adalah sebuah engine/ mesin yang berorientasi
pada object, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan)
yang ditulis dalam bahasa C++ dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan
intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware
– accelerated grafis 3D.
Pengetahuan pemrograman dengan menggunakan bahasa C++
sangat diperlukan agar dapat mengembangkan games / permainan dengan OGRE. OGRE
itu sendiri tidak bisa menggunakan bahasa C karena dikhususkan untuk
pemrograman yang berorientasi object. Untuk IDE nya kita pakai CodeBlocks +
MinGw.
Berdasarkan FAQ(Frequently Asked Question) dari Ogre
3D wiki, Ogre sebenarnya bukan Game Engine tetapi hanya merupakan Graphic
Engine. Namun, Ogre 3D dapat dengan mudah disatukan dengan library lain untuk
membuat game. Dibuat oleh beberapa orang dari tim dari sebuah komunitas. Para
developernya : Steve ’sinbad’ Streeting, Brian ‘praetor’ Johnstone, Assaf
Raman, Holger ‘CABAListic’ Frydrych, Dave ‘masterfalcon’ Rogers, Noam ‘Noman’
Gat, Nir Hasson dan beberapa anggota lain yang sudah keluar/pensiun dari tim
tersebut. Ogre ini dapat di-jalankan menggunakan beragam jenis hardware
(support 3D) tentu dengan performa yang berbeda juga. Ogre mempunyai beberapa
fitur yang biasa digunakan, diantaranya adalah:
1.
Desainnya yang
Object Oriented yaitu dengan menggunakan plugin untuk mempermudah dalam
memasukkan fitur lainnya.
2.
Engine berbasis
scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, &
Paging Landscape scene manager.
3.
Ogre adalah
sepenuhnya multi-platform, dengan OpenGL dan Direct3D dukungan. Dapat membuat
konten yang sama pada berbagai platform tanpa pencipta konten harus mempertimbangkan
kemampuan yang berbeda dari setiap platform. Hal ini mengurangi kompleksitas
menjalankan sebuah permainan pada banyak sistem. Saat ini binari pre-compiled
ada untuk Linux, Mac OS X, dan semua versi utama Windows.
4.
Ogre juga
mendukung program Vertex dan Fragment shader bersama dengan adat ditulis dalam
GLSL, HLSL, Cg dan assembler.
5.
The landscape
scene manager / pemandangan – pemandangan manajer untuk Progressive LOD, yang
mana bisa dibuat secara otomatis atau manual.
6.
Engine animasi
yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
7.
OGRE mempunyai
comositing manager dengan bahasa script dan full screen post processing untuk
efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.
8.
Libraries
mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.
9.
Tersedia konten
tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare,
Milkshape, Sketchup, dsb.
·
Processing
Processing dibuat dengan tujuan untuk mempermudah
pemrograman grafis yang bersifat interaktif. Processing adalah software yang
sangat cocok digunakan untuk membuat gambar, animasi dan interaksi. Tujuan
lainnya saat awal software ini diinisiasi adalah bagaimana membuat bahasa
pemrograman untuk pengajaran di bidang seni dan desain kepada para siswa di
bidang pemrograman grafis. Ide pembuatan Processing diawali sejak tahun 2001.
Para pendiri Processing berusaha mencari cara yang lebih baik dalam pembuatan
skrip program yang saat itu cukup rumit jika direalisasikan dengan Bahasa
Pemrograman C++. Processing lebih fokus pada grafis dan interaksi ketimbang
pada struktur data.
Pendiri Processing adalah Ben Fry dan Casey Reas.
Dalam perkembangannya, Processing telah didukung oleh berbagai komunitas.
Komunitas ini berperan dalam pembuatan berbagai pustaka dan menjadikan
Processing menjadi salah satu bahasa pemrograman grafis yang mulai banyak
digunakan.
Contoh Gambar yang dibuat dengan Processing |
·
Game Maker
Gamemaker (GM) adalah game engine untuk pengembangan
game 2D yang dibuat oleh YoYoGame. GM
bertujuan membantu orang mengembangkan game tanpa perlu mengetahui
bahasa pemrograman terlebih dulu . GM menggunakan konsep visual coding
interface berbasis drag-drop sehingga cocok untuk pemula atau orang yang belum
kemampuan latar belakang pemrograman.
Bagi pengguna yang memiliki kemampuan coding, GM
menyediakan bahasa pemrograman untuk user yang membutuhkannya yang disebut GameMaker
Language (GML). GM dapat digunakan untuk membuat game 3D, walaupun fokus utama
tetap untuk game 2D
Ada beberapa versi untuk GM, versi gratis hanya dapat
membuat aplikasi Desktop Windows dengan splash screen wajib, versi Pro mendapat
tambahan fitur texture management,
export ke Windows App dan opsi untuk membeli modul export platform lain
seperti Android, HTML5, iOS. Sedangkan Versi Master adalah yang mahal dan
paling lengkap.
·
Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis
cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa
digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan
bahkan X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi
untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC
dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web
Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Unity tidak dirancang untuk proses desain atau
modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain,
pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa
dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky
Box untuk menambahkan langit.
Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa
pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and EasyMoving, rotating, dan
scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga dengan Duplicating,
removing, dan changing properties. Visual Properties Variables yang di
definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa digeser, di drag and
drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis .NET. Artinya penjalanan
program dilakukan dengan Open Source .NET platform, Mono.
SUMBER:
Komentar
Posting Komentar