User Interface Pada Game

Nama: Bogie Akbar
Kelas: 3IA21
NPM: 52414214
Nama Dosen: Syefani Rahma Deski
Mata Kuliah: Pengantar Teknologi Game
Judul: User Interface Pada Game / Tugas Bab 6

·         Interface
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface)  berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara berurutan  sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.

Dalam desain user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakan oleh Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology. Dalam tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the HUD - User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games.Mereka memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.

HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul  di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.

·         Contoh Games User Interface dengan menggunakan AI dan perbedaan nya
1.      Assasin’s Creed
Fitur "Eagle Vision"

Assassin's Creed adalah game dengan genre Action - Stealth. Game ini memiliki UI yang unik, di mana UI dibuat seminimalis mungkin sehingga pemain dapat menghayati alur cerita. Jika pemain mengaktifkan "Eagle Vision" maka tampilan game akan berubah menjadi redup dan pemain dapat membedakan AI musuh yang berwarna merah dan yang menjadi AI target akan berubah menjadi emas. Hal tersebut termasuk kedalam elemen user interface yang diegetik. Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic.

2.      Counter Strike Global Offensive
Game ini merupakan game menembak multi pemain dimana para pemain disambungkan dengan koneksi internet untuk dapat memainkannya. User Interface pada game ini HUD-nya dapat dikatakan lengkap ditampilkan dengan element non-diegetik dimaksudkan bahwa UI pada game ini tidak ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) melainkan dengan visualnya sendiri dan tidak melebur kedalam dunia permainan.

·         Perbedaan antara kedua game tersebut
Dari kedua game di atas dapat disimpulkan perbedaan UI nya, Game Assassin's Creed mempunyai UI yang minimalis dan terkesan lebih hidup dibandingkan dengan game CSGO dengan komponen UI nya yang lengkap dan memakan banyak ruang pada tampilan game. UI Game Assassin's Creed juga elemennya ada yang berjenis Diegetik yaitu UI melebur kedalam dunia game sedangkan CSGO sepenuhnya non-diegetik yaitu UI dipisahkan dengan dunia game tersebut.

Daftar Pustaka:

Komentar