Nama:
Bogie Akbar
Kelas:
3IA21
NPM:
52414214
Nama
Dosen: Syefani Rahma Deski
Mata
Kuliah: Pengantar Teknologi Game
Judul: User Interface
Pada Game / Tugas Bab 6
·
Interface
Antarmuka
(Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan
sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface) berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke
dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan
memberikan panduan pemakaian sistem secara berurutan sehingga pengguna mengerti apa yang akan
dilakukan terhadap suatu sistem.
Dalam
desain user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakan oleh Erik
Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology. Dalam
tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the
HUD - User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games.Mereka
memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain
video game.
HUD
itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan metode dimana
informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan
pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun
MP(Mana Point) dan biasanya muncul di
atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi
karakter dalam permainan.
·
Contoh
Games User Interface dengan menggunakan AI dan perbedaan nya
1.
Assasin’s
Creed
Fitur "Eagle Vision" |
Assassin's Creed adalah game dengan genre
Action - Stealth. Game ini memiliki UI yang unik, di mana UI dibuat seminimalis
mungkin sehingga pemain dapat menghayati alur cerita. Jika pemain mengaktifkan
"Eagle Vision" maka tampilan game akan berubah menjadi redup dan
pemain dapat membedakan AI musuh yang berwarna merah dan yang menjadi AI target
akan berubah menjadi emas. Hal tersebut termasuk kedalam elemen user interface
yang diegetik. Elemen user interface yang diegetik ada
dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat
berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic.
2.
Counter
Strike Global Offensive
Game ini merupakan game menembak multi
pemain dimana para pemain disambungkan dengan koneksi internet untuk dapat
memainkannya. User Interface pada game ini HUD-nya dapat dikatakan lengkap
ditampilkan dengan element non-diegetik dimaksudkan bahwa UI pada game ini
tidak ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) melainkan dengan
visualnya sendiri dan tidak melebur kedalam dunia permainan.
·
Perbedaan
antara kedua game tersebut
Dari
kedua game di atas dapat disimpulkan perbedaan UI nya, Game Assassin's Creed
mempunyai UI yang minimalis dan terkesan lebih hidup dibandingkan dengan game
CSGO dengan komponen UI nya yang lengkap dan memakan banyak ruang pada tampilan
game. UI Game Assassin's Creed juga elemennya ada yang berjenis Diegetik yaitu
UI melebur kedalam dunia game sedangkan CSGO sepenuhnya non-diegetik yaitu UI
dipisahkan dengan dunia game tersebut.
Daftar Pustaka:
Komentar
Posting Komentar