Nama:
Bogie Akbar
Kelas:
3IA21
NPM:
52414214
Nama
Dosen: Syefani Rahma Deski
Mata
Kuliah: Pengantar Teknologi Game
Judul: User Interface
Pada Game / Penulisan Bab 6
A. Antarmuka (Interface)
Pengertian
antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi
sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka
adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.
Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical
User Interface(GUI).
Antarmuka
pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user)
dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari
pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu
mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
1.
Command
Line Interface (CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna
berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan
perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan
baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem
operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi
nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk
Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan
pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal
CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah
commandshell.
2.
Graphical
User Interface (GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan
oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar
grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device)
seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas
dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).
User Interface pada game dapat disimpulkan
sebagai penghubung atau mediator antar game dan pemain supaya pemain dapat
mengoprasikan atau memainkan game tersebut. Pada umumnya User Interface pada
game adalah Graphical User Interface.
B. Elemen User Interface pada Game
User
Interface atau Antarmuka Pengguna merupakan unsur penting dalam game. Desain
User Interface dalam game melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan
avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Pemain menjadi elemen tak
terlihat, tapi kunci untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau
film. Fiksi ini dapat langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak
sama sekali. Terdapat sebuah teori mengenai desain user interface game oleh
Erik Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology
berjudul: Beyond the HUD (Head Up Display) – User Interfaces for Increased
Player Immersion in FPS Games. Mereka memperkenalkan istilah untuk berbagai
jenis interface tergantung pada bagaimana terkait dengan narasi dan geometri
permainan mereka, di antara lain :
1.
Diegetic
Elemen user interface yang diegetik ada
dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat
berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic.
2.
Meta
Elemen UI tidak selamanya sesuai dalam
geometri dari dunia permainan. Mereka masih dapat mempertahankan narasi
permainan tapi duduk di hub plane 2D.
3.
Spatial
Elemen Spasial UI digunakan ketika ada
kebutuhan untuk memecahkan narasi dalam rangka untuk memberikan informasi lebih
kepada pemain melebihi yang disadari karakter.
4.
Non-Diegetic
Elemen ini memiliki kebebasan untuk benar-benar
dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual
mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni permainan.
Daftar
Pustaka:
Komentar
Posting Komentar