Nama Kelompok: Bogie
Akbar (52414214) link: http://bogieakbar.blogspot.co.id
Havidz Hadiansyah (5441485) link: http://yip-neworder.blogspot.co.id
Rizky Riyadi Hidayat (59414719)
PT
LINKNET
A. Regulasi dan prosedur pendirian
perusahaan
1.
Bentuk-bentuk
usaha
PT Link Net Tbk. (“Link Net”),
didirikan pada tahun 1996, adalah penyedia terbesar layanan melalui kabel di
Indonesia, menyediakan layanan televisi berlangganan, Internet Pita Lebar
(Broadband) dan komunikasi data. Link Net beroperasi di Jabodetabek, yang
memiliki populasi dasar lima juta rumah tangga dengan enam ratus enam puluh
ribu pelanggan internet dan TV kabel. Link Net memiliki dan mengoperasikan
jaringan kabel Hybrid Fiber Coaxial (“HFC”) digital dua-arah yang luas yang
menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi untuk pelanggan ritel
dan bisnis, termasuk menyediakan berbagai layanan komunikasi data melalui
jaringan serat optik perseroan. Link Net juga mengoperasikan saluran televisi
berlangganan bekerja sama dengan PT First Media Television yang menyediakan
saluran televisi lokal dan internasional.
B. SDM dan Organisasi
1.
Struktur
Organisasi
2.
Sistem
Penggajian
Berbagai aspek dipertimbangkan oleh
Perseroan agar dapat tercipta hubungan yang serasi, aman, mantap, tenteram, dan
dinamis antara Perseroan dengan seluruh karyawannya, antara lain tentang
kejelasan dalam tugas, hak, dan kewajiban karyawan sehari-hari, perhatian dalam
kebutuhan kehidupannya dalam kondisi sehat maupun sakit, serta atmosfer
lingkungan kerja yang menunjang kinerja karyawan. Aspek-aspek tersebut
diharapkan dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan membantu menciptakan
ketenteraman dan kepuasan karyawan dalam bekerja sehingga akan sangat membantu
menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin timbul secara musyawarah.
Peraturan
Perusahaan Perseroan telah disahkan melalui Surat Keputusan Kementerian
Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan
Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Nomor:
KEP.1423/PHIJSK-PK/PP/XI/2015 tanggal 8 Desember 2015 yang berlaku hingga
tanggal 30 April 2017. Secara umum, Peraturan Perusahaan Perseroan memuat hak
dan kewajiban karyawan dan perusahaan, serta ketentuan yang bertujuan membina hubungan
serasi, selaras, dan seimbang dalam usaha meningkatkan efisiensi, produktivitas
dan prestasi kerja yang optimal. Diharapkan Peraturan Perusahaan Perseroan
dapat mewujudkan terciptanya hubungan industrial yang kondusif antara karyawan
dan Perseroan, dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan dan peraturan
pemerintah yang berlaku, termasuk penyesuaiannya di kemudian hari.
C. Aspek Keuangan
1.
Komponen
Biaya/Anggaran
Dibawah ini merupakan anggaran tahun 2015
dan 2016 PT. Link.net
2.
Estimasi
Biaya/Satuan Biaya
Estimasi biaya berisikan biaya yang dikeluarkan untuk
kepenting didalam ruang lingkup perusahaan seperti biaya karyawan, biaya
listrik dll. Dibawah ini laporan estimasi biaya PT. Link.net:
3.
Penyusunan
anggaran/investasi Perusahaan
Pada bulan Juli 2012, Perusahaan melakukan penyertaan
modal ke PT Indonesia Media Televisi (“IMTV”). Perusahaan memperoleh 50.000
lembar saham IMTV (20% kepemilikan) sebesar Rp500. Pada bulan oktober dan
November 2012, perusahaan melakukan penambahan modal ke IMTV masing-masing
sebesar Rp3.000 dan Rp5.000. Transaksi tersebut tidak menyebabkan perusahaan
persentase kepemilikan dari Perusahaan. Pada Bulan Januari 2013, Perusahaan
melepaskan 212.500 lembar saham IMTV (5% kepemilikan) sebesar Rp2.125 yang
menyebabkan perubahan presetase kepemilikan Perusahaan pada IMTV menjadi 15%.
Pada berbagai tanggal ditahun 2013 dan 2014,
Perusahaan melakukan penambahan modal ke IMTV sebesar Rp68.625. Transaksi
tersebut tidak menyebabkan perubahan presentase kepemilikan dari Perusahaan.
Mutasi inventasi pada entitas asosiasi adalah sebagai berikut:
Pada
tanggal 31 Desember 2016 dan 2015, IMTV memiliki jumlah asset masing-masing
sebesar Rp585.428 dan Rp724.951. Meskipun Perusahaan memiliki kurang dari 20%
saha IMTV, Perusahaan memiliki pengaruh signifikan melalui hak penunjukkan satu
direktur pada Dewan Direksi dan satu komisaris pada Dewan Komisaris IMTV.
4.
Penyusunan
Cashflow Perusahaan
Dibawah ini merupakan gambar untuk laporan alur kas
atau cashflow PT. Link Net
5.
Time
value of money dan tingkat suku bunga
Harga dari
penggunaan uang yang dinyatakan dalam persen untuk jangka waktu tertentu. Pengertian tingkat suku bunga sebagai harga
ini bisa juga dinyatakan sebagai harga yang harus dibayar apabila terjadi
pertukaran antara satu rupiah sekarang dengan satu rupiah nanti. Berikut ini
laporan tingak suku bunga PT. Link.net:
D. Aspek Pemasaran
1.
Spesifikasi Produk/Jasa
-
Fastnet
FastNet adalah produk
dari First Media yang memberikan layanan internet broadband, yang merupakan
satu satunya solusi akses Internet cepat tanpa batas dengan harga terjangkau
untuk memenuhi semua kebutuhan informasi bagi keluarga pelanggan.
Spesifikasinya sebagai berikut:
·
Koneksi tercepat dan Stabil
·
Kuota tak terbatas
·
Tahan Segala cuaca
·
Proses install mudah
·
Tidak Menggunakan Kabel Telepon
·
Tidak Perlu Dial Up
·
Menggunakan Kabel Optik
-
Home
Cable
HomeCable adalah unit usaha Perseroan di bidang
layanan televisi berbayar (TV Kabel). Unit usaha ini menggunakan jaringan
broadband yang menyediakan kanal televisi dengan jangkauan luas bagi pelanggan.
Bersamaan dengan tayangan Standard Definition (SD) pelanggan juga bisa
menikmati jangkauan tayangan High Definition (HD) serta dapat juga memanfaatkan
aplikasi interaktif guna meningkatkan pengalaman dalam menonton. Spesifikasinya
sebagai berikut:
·
Kualitas suara Dolby Digital 5.1
·
Resolusi 1080i Kualitas HD
·
Aspek Resolusi tayangan 16:9
·
Resolusi 5x lebih jernih
-
FirstMediaX
FirstMediaX merupakan TV anywhere atau aplikasi OTT
(over-the-top). Dimana masyarakat dapat menonton 110 saluran tv dimanapun
dengan menggunakan perangkat mobile atau tablet. Spesifikasinya sebagai
berikut:
·
Mudah digunakan dimana saja
·
Perangkat yang digunakan Smartphone atau
tablet
·
Dapat mengakses 110 chanel saluran TV
Lokal maupun Internasional.
2.
Segmentasi
Produk/Jasa
Segmentasi Pasar FastNet
Secara Geografis FastNet menawarkan layanan internet
untuk dipulau pulau besar seperti pulau Sumatra, jawa yang dimana populasi
manusianya membutuhkan layanan internet sebagai alat bantu mencari informasi
sehari hari. Ada juga beberapa daerah yang belom tersentuh layanan internet
FastNet.
Pada segi segmentasi psikografi fastnet menawarkan
pilihan family attack yang diperuntukan untuk internet rumahan, dimana tidak
memerlukan speed internet yang cepat. Layanan Fastnet ini dibagi kedalam pasar
untuk rumahan atau perkantoran.
3.
Analisis
sistuasi pasar
Sebelum munculnya layanan internet cabel ini, orang
mengakses internet melalu jaringan internet dihp yang dimilikinya dengan
keterbatasan kuota yang disediakan sehingga hanya digunakan untuk membaca
berita dsb. Semakin lama internet digunakan untuk menonton video, mendownload
film, gambar dimana membutuhkan kecepatan internet yang kencang dan size yang
cukup besar. Sehingga akhirnya FastNet muncul sebagai solusinya dengan
menghadirkan layanan internet berkecepatan tinggi dan bebas kuota sehingga
masyarakat dapat mengakses segala sesuatu yang diinginkan tanpa ada rasa takut
kuota akan habis sebelum waktu masa akhirnya tiba.
4.
Analisis
Pesaing
Indihome
Kecepatan dan kestabilan dengan harga/paket
yang sama berbeda. Lebih cepat Firstmedia. Fitur free wifi di luar rumah. Firstmedia,
tetapi di beberapa tempat sepertinya otomatis jalan tanpa username password.
Sedangkan indihome agak rumit dan ngga jalan malah. Merk Router yang diberikan,
untuk Firstmedia: cisco, sedangkan untuk indihome huawei.
5.
Strategi
Promosi
Perseroan sangat meyakini bahwa keberadaan
brand bukan sekedar ideniier atau idenitas baku, melainkan brand adalah nyawa
dari sebuah bisnis. Membangun brand merupakan jalan satu-satunya untuk
mengimbangi persaingan usaha yang ketat. Perseroan pada tahun 2014 sangat
menjaga nilai brand dengan mengevaluasi seiap rencana program pemasaran, jangan
sampai program pemasaran yang diciptakan justru membalikkan keadaan brand
menjadi lebih buruk. Perseroan menyadari bahwa era kompeisi saat ini sudah
sangat padat, sudah tidak bisa menggunakan cara-cara tradisional yang hanya
mengandalkan features dan beneit dalam merangkai sebuah strategi pemasaran.
Terobosan Perseroan pada tahun 2014 dengan
menerapkan experienial marketing sebagai strategi pemasaran untuk mencapai
gambaran atau persepsi “superb services” di dalam benak pasar. Perseroan
menghidupkan brand bukan sekedar sebagai penanda (marker), atau idenitas baku,
tetapi brand diberikan kehidupan sebagai “Experience Providers”. Pada tahun
2014, Perseroan merangkai strategi pemasaran dengan konsep strategi 5 C yang
terdiri atas connecions, content HD, combo package, customer relaionship, dan
customer interacive features, atau disebut “Next Generaion Broadband”. Kelima variable
ini merupakan turunan dari experience providers untuk mencapai persepsi “superb
services”.
6.
Media
Promosi Berbasis IT
-
Advertising
Perseroan melakukan akivitas komunikasi pemasaran
dengan memanfaatkan beberapa media komunikasi seperi media sosial, website,
radio, koran, majalah, billboard serta sejumlah acara. Untuk 84 LAPORAN TAHUNAN
LINK NET 2014 media cetak Perseroan memilih beberapa media ternama seperi koran
Kompas, Suara Pembaruan, Investor Daily, Jakarta Globe dan beberapa majalah
lainnya. Media cetak lain yang digunakan memanfaatkan alat seperi brochure,
liers dan POSM (Point of Sales Material)
Komentar
Posting Komentar